Moneybookers, Kirim dan Terima Uang dari Luar Negeri

Kedengerannya gampang, “kirim” atau “terima” uang, akan tetapi kalau sudah bicara masalah kiriman datangnya dari luar negri apalagi negara Eropa seperti Jerman mulai terasa ga gampang. Aku sendiri ngalamin yang awalnya ku pikir tinggal transfer Bank, dan glek, uang udah masuk ke rekening. Ketika aku akan menerima uang dari Bank Jerman aku ditanya IBAN (kek lakBAN, perBAN atau Ban-ban lain deh bunyinya), ternyata yang dimaksud adalah International Bank Account Number. Wah pas ku tanya ke Bank ku mereka cuman ngasih SWIFT Code. Jadi sistem di Eropa sana mereka punya nomor internasional unik untuk masing-masing rekening, sementara sistem pengiriman di Indonesia hanya mengenal SWIFT Code dari Bank di ikuti dengan nomor rekening yang bersangkutan, jadilah uang ku pending berhari-hari.

Indonesian Rupiah (Image from http://srttaseancorner.blogspot.com/)

OK, jadinya aku mikir solusi transfer uang ini dengan menggunakan layanan pihak ketiga.

WESTERN UNION

Ini transfer yang paling familiar di telinga karena ada disetiap Kantor Pos dan Bank Indonesia, cuman ongkos transfer nya GD banget.  God, jadi kebayang Indonesian workers out there yang mungkin karena gampang nya mengirim uang (Tanpa harus punya rekening Bank) banyak TKI yang kerja di Arab, Malaysia dsb…  menggunakan layanan ini, mereka yang udah capek-capek membanting tulang tapi malahan istri dan keluarga mereka terima hanya sedikit saja. Semisal aku di kirim 4 juta Rupiah, akhirnya aku hanya terima kurang lebih 3 juta Rupiah saja, uwh… pastinya aku dah ga mau pake layanan ini lagi.

MONEYGRAMS

Sama saja seperti Western Union, ongkosnya sedikit lebih rendah.

PAYPAL

Karena aku punya akun di BNI, ku coba register di Paypal dan ku minta duitku ditransfer ke rekening Paypal ku, kelihatannya sih gampang, cuman pas aku mau transferkan dari Paypal ke BNI ga sukses-sukses, mana aku ga punya Kreditkarte, kucoba dengan ATM ku, ga tanggung-tanggung datanglah aku ke CS BNI, nanyain, eh CS nya juga ga tau… he he. Akhirnya setelah browsing-browsing aku tau kalau Paypal belum bekerja sama dengan atm Bank Indonesia, mungkin bisa dengan Kreditkarte, ga tau lah, yang jelas aku ngotot ga mau bikin kreditkarte…he he (dasar ndeso).

MONEYBOOKERS

Akhir demi akhir aku disaran Doi ngecek Moneybookers, perusahaan Inggris… dan “IT WORKS”. Jadinya sekarang aku mau rekomen dan bahas sedikit tentang moneybookers ini. Keuntungannya yang paling ok adalah ongkos transfer yang hanya sekitar 1 persen saja (he he, gw bgt, murah meriah). Caranya kamu buat akun dulu di MB (aku singat Moneybookers jadi MB aja ya), trus minta temenmu yang mau kirim uang dari sono buat akun juga. Setelah itu si pengirim upload dana (ya via Kreditkarte atau online account-lah) dan transfer dana nya ke akun MB kamu. Sekarang kamu masukin alamat dan detail rekening kamu di MB, semua di lakukan di situs resminya http://moneybookers.com/ trus di tunggu selama kurang lebih 10 hari. Untuk pertama kali proses nya agak lama karena MB akan memverifikasi akun kamu terlebih dahulu, MB akan mengirim kode verifikasi bersama dengan uang transfer pertama. Kamu bisa minta informasi kode ini di CS bank, minta di print kan, kode verifikasi terdapat pada keterangan transfer. Nah sekarang kamu dah bisa menerima uang dan akan sampai setelah 3-6 hari. Bagi yang tertarik silakan coba, bagus banget buat kamu yang ga ingin dimakan rentenir ;D, he he … belum lagi CS nya juga ok, kalo misalnya kamu ada masalah telpon kemereka cepat di tanggepin. Kamu akan bebas bertransaksi sampai pada limit tertentu sampai akhirnya ada verifikasi ke dua yang mengharuskan kita mengupload rekening listrik, atau bill lain yang mencantumkan nama dan alamat jelas kita.

28 Comments

Filed under Posts in Bahasa Indonesia

28 responses to “Moneybookers, Kirim dan Terima Uang dari Luar Negeri

  1. Halo mas , saya sudah baca info2nya.
    menarik sekali. .
    infonya berguna sekali.
    kebetulan lagi dalam permasalah pengiriman uang.
    hehe. .
    saya bakal coba deh bikin account moenybookers.
    thanks bngt infonya mas . .

    salam,

    angga

  2. ii

    thanks for visiting Angga, it is a pleasure to share with you … btw my gender is female ;D

  3. mau tanya juga,
    misalnya Ortu saya yang di Indonesia mau transfer uang ke saya dari rekening BNI misalnya.
    bisa kasih penjelasan sstem kerjanya MB ini gak mbak.
    misalnya dari bank BNI dgn mata uang rupiah di transfer ke rekening saya Deutsche Bank tentunya mata uang Euro.
    terimakasih sekali. .
    btw, blognya bagus, simple tapi informatif. :D

    • ii

      terimakasih cpramudita wink ;) hmm gmn ya, mungkin bagusnya ortu mu buat akun MB, trus rekening BNI di daftarkan ke akun MB tadi. Sekarang tinggal transfer cuman musti pake kartu kredit BNI kali ya, aku sendiri lum pernah coba yang kebalikan seperti itu, biasanya dari rek Eropa ke akun BNI, coba aja seperti diatas dulu, cuman ingat konfirmasi nya di bank eropa mu pastinya.

      • Hmm. .
        kebetulan ortu sudah saya suruh bikin akun MB juga, dan saya juga sudah punya.
        yang saya mau tnykan skrg.
        dulu mbak admin pernah transfer berapa Euro dan kena potongan berapa pake MB ini ?
        dan apakah ortu kita nantinya juga akan kena potongan ?

        trimakasih. .

      • ii

        @cpramudita, kalau masing-masing sudah punya akun gampang, tinggal ortu kamu transfer dr BNI via kartu kredit ke akun MB nya, trus transfer ke akun MB mu. Biaya pengiriman adalah 1 persen saja dari jumlah uang yang dikirim, itu dikenakan terhadap pengirim, penerima tidak terkena potongan. Potongan nya nanti bakal terjadi dr proses konversi Rupiah ke Euro, dan tambahan potongan (jika ada) dari bank Jerman mu. Waduh aku sudah lupa brp pastinya, pokoknya ga terlalu mahal kirim 200 Euro bisa jadi sekitar 2 juta 3 ratus ribu. Kalau proses dibalik ga tau lah, bagusnya minta ortu mu dulu kirim percobaan, 1 juta atau berapa gitu …:D

      • Many thanks for your responses sis. .
        i’ll try it later. :D

    • wah 1 % saja ptongannya.
      patut di coba. .
      btw, thanx alot for your Responses ,sis !
      i will try it later. :D

  4. hallo mas admin,

    apakah kita di perbolehkan unutk tranfer uang ke sesama moneybookers? soalnya saya pernah ada pengalaman beli moneybookers dari orang lain ternayata malah dapat surat peringatan dari moneybookers.kalo mau transfer uang ke sesama moneybookers secara aman dan “berharap”tidak mendapat surat peringatan dari moneybookers caranya gimana?

    terimakasih

    • ii

      hi hi kok sekarang aku jd ngerasa jd konsultan MB ya hi hi hi, musti dapat diskon dari MB nih :mrgreen: , @smkypll1sleman aha peringatan itu mungkin ada karena membeli mMB dari orang lain, karena servis mereka kan sebenarnya privat, dan mereka sangat hati-hati sama alamat dan data kostumernya. Kalo kamu beli pastinya data nya jadi tupang tindih kan? persyaratan konfirmasi alamat dan data bank itu juga sebenarnya karena ditakutkan adanya masalah pencucian uang, terutama di Indonesia. Kalau mau aman, kamu buat sendiri akun MB mu dan daftarkan alamat rekening kamus sendiri juga, jangan mbeli .. ok ;)

  5. Rina

    Alo mba, boleh tanya2 sambil share yah…
    Beberapa waktu yg lalu aq ada terima transferan uang dari teman di Jerman (Flessabank). Aq terima di Indonesia di account aq di Bank Mega. Transfer tidak ada masalah. Uang sampai sekitar 3-4 hari kemudian (lupa). Tp masalahnya uang yg aq terima kena potongan yg lumayan bikin bete.

    Teman aq kirim 400 Euro (dan dia sudah membayar biaya administrasi transfer sebesar 13 Euro). Dengan kurs dari Bank Mega sekitar Rp 11 ribu sekian (lupa jg) / Euro. Semestinya aq terima minimal Rp 4,4 juta kan ?? Tp ini aq terima cuma sekitar 3,8 jt. Setelah ditanya ke CS Bank, mereka jg tidak tau menahu dan hanya bilang mereka hanya menerima segitu dari Jerman. Padahal temanku sendiri setelah mengecek di rekening koran miliknya bahwa uang yg keluar benar-benar 413 Euro.Dan pihak Flessabank jg menjelaskan bahwa mereka mengirim sesuai keinginan nasabah. Dan malah mempertanyakan Bank yg di Indonesia kenapa potongan sampai segitu besarnya.
    Jadi sampai sekarang masih bingung mau menyalahkan pihak mana.
    Yang aq mau tanyakan, mba pernah ga dapat potongan segitu besar di BNI? Ataw malah tidak pernah ada potongan sama sekali?

    Untuk MB, ada biaya yg dikenakan ga waktu pembuatan accountnya? Uang bisa diambil via ATM kan?? Bukan seperti sistem Western Union? Thanks so much buat infonya mba.

  6. ii

    Halo Rina, makasih dah mampir dan sharing. Aku rasa yang potongan nya besar memang Bank Indonesia, karena mungkin ada pajak-pajak lain selain resiko pertukaran kurs dari Euro ke Rupiah. Tapi bagusnya temanmu kirim dari Flessebank langsung ke Bank Mega bisa langsung gitu ya? Gila banget potongannya ya ….

    Aku belum pernah coba yang langsung gitu jadi ga tau apa sama BNI juga bakal gede gitu potongannya atau gak. Mungkin bagusnya kamu tanya ke pihak bank Mega lagi, ttg kemungkinan adanya pajak-pajak tadi. Memang sih suka njengkelin kalo nanya ke CS, biasanya CS nya juga ga ngerti :D Sama pas aku nanyain layanan Paypal ke CS BNI, akhirnya lebih baik cek situs nya langsung.

    Kalau pengalaman ku selama ini kirim duit pk MB ga segitu GD potongannya. Pas buat akun ga ada biaya, cuma nanti ada verifikasi rekening dan alamat seperti yang ku tulis diatas. Prosesnya nanti berarti teman mu di Jerman transfer online ke MB, trus dr MB km transfer ke Rek Indonesia. Coba-coba kirim sekitar 20 Euro dulu misalnya, trus kode verifikasi nanti sampai dipesan bersama dengan uang yang dikirimkan. Untuk mengetahui kode kamu harus tanya ke CS bank nya.

    Good luck ya ….

  7. Enggi

    Hallo Mas,

    tanya dunk…biasannya pemilik akun mb di Indonesia harus memiliki kartu kredit tidak untuk “withdraw” uangnnya dari akun mbnnya? Masalahnnya paypal demikian sampai ada virtual credit card segala yang harus dimiliki. Karena hal ini, mungkin mb tidak membutuhkan dan duit lebih mudah di transfer ke akun Indonesia tanpa kartu kredit.

    Terimakasih feedbacknnya :)

    • ii

      Halo juga Enggi,

      Terimakasih sudah mampir di blog aku.

      Sebetulnya tidak perlu kartu kredit, cukup rekening bank Indonesia saja. Karena uang dari akun MB bisa langsung di transfer ke rekening, dari rekening bisa langsung ambil ke bank atau via atm.

      Kupikir begitu … ohw ya, aku cewek lo …

      Salam

  8. Clarisa

    ada yang pernah withdraw Moneybookers dengan Bank Mega?
    berapa juga biaya potongan dari Bank Mega?
    mohon infonya kalau tau ya.. :)

  9. MN

    Saya mau numpang post boleh khan,
    Saya punya MB § 320 USD kalau ada yang berminat boleh beli sama ane harga perdollar Rp.9.600,-
    Sms saja kalau minta di 081317699402

  10. anniesa

    mbak, kalo orng yang mau kirim uang di jerman harus punya kartu kredit?

  11. Belum dapet info yang valid, berapa charge withdraw MB ke bank lokal Indonesia :)

  12. Adi bayu

    Mbak admin,saya mau nanya..
    Saudara saya mau kirim uang dari Malaysia ke Indonesia,tapi masalahnya saya nggak punya rekening di bank.
    Solusinya gimana biar uang cepet sampai di sini??? kalo pake western union lama,mahal -__-

  13. Edi

    hi,mau nanya nih gua bikin MB pas tgl 30 nov 2012 truzzz sampe hari(12-12-12) gua lum juga terima surat dari MB ttg Verify address account. password.

    apa lagi gua mau buat transaksi ke US///
    alias mau kirim uang ke MB gua lalu baru kirim via MB ke MB///
    pertanyaan gua; kalau acc. kita belum di verify, bisa gak ya kirim uang ke acc.moneubooker kita.??/
    gua takutnya uang malah belum bisa dikirim karena belum verify itu//

    thank you.

  14. gembel

    kocak :D ..

    btw @annisa pake debit card bisa koq.. itu ada fasilitasnya.. ntar itu debit card kayak kartu atm klo d negara kita…

  15. Gan Numpang tanya nih… Saya ada dana di skrill itu sebesar 68 Euro… waktu saya tanya ke bank mandiri kenapa mreka malah bingung ya ??? apa bank masih blom mengenal skrill ? trus saya harus Jual kemana nih gan ?? banyak yg ga nerima EURO… Susah pisan Euy

    • ii

      Hi Agan Silvester Silvian, makasih udah singgah di Blog aku. Memang betul, orang Bank (CS) Indonesia sendiri ga kenal MB/ sekarang Skrill. Waktu dulu sekitar 3 tahun lalu aku tanya mereka ga ada yang tau, terpaksa soal Transfer International seperti ini kita yang mencari info sendiri. Jual keteman aja yang juga punya akun Skrill. He he he … Atau kamu konekin ke Kartu Kredit kamu ntar tinggal di transfer ke Kartu Kredit kan gampang :)

Leave a Reply

