Persiapan Mendapatkan Sertifikat A1 dari Goethe Institut

Menurut http://jakarta.diplo.de, aku harus mengurus visa untuk tinggal lebih lama dari 3 bulan seperti yang dijelaskan oleh halaman ini, dan Owh my God, salah satu persyaratan yang sudah berlangsung sejak tahun 2007 dari kedutaan jerman adalah Sertifikat A1 dari Gothe Institut, kukutip sbb:

Bukti kemampuan berbahasa Jerman secara sederhana (tes bahasa Jerman A1 dari Goethe Institut Jakarta) sesuai § 28, 30 UU Izin-Tinggal .. My Godness …

God.. aku yang belum pernah les bahasa Jerman mulai kalang kabut mikirin caranya gimana untuk ngedapatin sertifikat ini. Ku cek situs Goethe, mereka cuman punya perwakilan di Jakarta, Bandung atau Surabaya (mana ada di Sumatra hikz). Permasalahan makin runyam saat kulihat biaya dan jadwal kursus nya, tambah putus asa aku ngelihatnya … Jadwal kursus untuk tahun 2010 sudah harus didaftar dari Bulan Januari 2010, hmmmh … dan biaya nya bener-bener menguras kocek tipis Indonesia ku.

Dalam keadaan desperate ku coba bercakap-cakap via telepon dengan Doi yang tiap hari sibuk kerja … akhirnya tercetus ide kalau aku ga perlu ikut kursus (secara aku kan ga bodoh-bodoh amat), aku mau download contoh-contoh soal A1 dari situs Goethe Institute atau dari situs mana aja online. Ketika mau Download, bingung mau pilih yang mana A1 Fit in Deutsch 1 atau A1 Start in Deutsch 1? Selidik punya selidik akhirnya aku ngerti:

A1 Fit in Deutsch 1 = untuk anak-anak umur 10-12 Tahun
A1 Start in Deutsch 1 = untuk dewasa umur diatas 16 Tahun

He he, aku kan dah 25, untung ga kedownload yang A1 Fit in Deutsch 1 saja (masa mau ikut tes untuk anak-anak). Saat lagi browsing soal lagi kutemuin Blog ini Aisyah Blog yang langsung menginspirasi aku membeli buku..

Sms Doi minta ditelpon lagi dunk aku, he he
Minta dibeliin buku „Fit fürs Goethe Zertifikat A1 – Start Deutsch 1, Tipps und Übungen“ terbitan Hueber, karena aku ga nemu buku ini di Gramedia, ataupun Free Ebook online (Suka yang Free Free, he he), ku temuin buku ini di http://buecher.de/. Doi said, Ok … dan janji mau order, scan dan kirim ni buku via email, senangnya aku… Sambil nunggu kukerjain soal-soal contoh test yang dah ku download, kek nya ga terlalu sulit deh, cie… sok pinter nih. Satu minggu kemudian Doi kasih tahu bukunya udah sampai dan dah di email, ga tanggung-tanggung Doi beli 3 buku + Audio CD (Screenshot buku ku muat dalam tulisanku Buku Panduan untuk Memperoleh Sertifikat A1 dari Goethe Institut), sbb:

1. Fit fürs Goethe Zertifikat A1 – Start Deutsch 1, Tipps und Übungen, Plus 1 Audio CD
2. Deutsch als Fremdsprache Schritte 1, Plus 1 Audio CD
3. Prüfungstraining Start Deutsch 1, Plus 1 Audio CD

Waduh … banyak nya. Aku coba-coba belajar pake 3 buku ini, baru terasa kalo soal-soalnya ga gampang dan begitu banyak kosakata yang harus kupelajari. Hmmm… Kalau begini, gagal lagi deh mengurus persyaratan untuk apply visa. Ku tunggu sampai aku punya Sertifikat A1 dulu. Sampai disini dulu ya, nanti ku update-in lagi deh hasilnya …

1 Comment

Filed under Life Journal, Posts in Bahasa Indonesia, Related.to.Germany, Study

One response to “Persiapan Mendapatkan Sertifikat A1 dari Goethe Institut

  1. mba… mau dong kalo masih ada soft copy nya :)

    saya juga belajar jerman otodidak nih :D

Leave a Reply

